VISI
MAS AL AQIDAH
Terwujudnya Lulusan MAS Al Aqidah Kutapandan
yang
Berakhlaqul Karimah dan Berprestasi
Berdasarkan
visi di atas, dirumuskan beberapa indikator capaian visi sebagai berikut:
1. Berakhlaqul Karimah:
a.
Berdo’a
dan membaca Asmaul Husna setiap mengawali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
b.
Mengucapkan
salam setiap bertemu warga madrasah, tamu madrasah, dan masyarakat secara umum.
c.
Shalat
fardhu berjamaah.
d.
Melaksanakan
tadarus Al Qur’an, baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat.
e.
Melaksanakan
shalat sunnah dhuha secara mandiri.
f.
Berbusana
rapih dan sesuai dengan tata tertib sekolah dan syariat Islam.
g.
Tidak
terlibat tawuran, narkoba, seks bebas dan gejala patologi sosial lainnya.
h.
Bersikap
jujur dalam ucapan dan tindakan.
i.
Tidak
menulis dan mengucapkan kata-kata kasar, baik di dalam lingkungan madrasah
maupun di luar madrasah.
j.
Peduli
dengan kebersihan lingkungan kelas, lingkungan madrasah, dan lingkungan
masyarakat pada umumnya.
k.
Bersikap
dermawan terhadap sesama.
l.
Menjadi
pelopor kegiatan keagamaan di masyarakat.
m.
Memiliki
kesalehan individual dan kesalehan sosial
2. Berprestasi:
Berprestasi
dalam bidang akademik dan non akademik dengan indikator sebagai berikut.
a.
Memiliki
nilai AKM yang memenuhi kualifikasi nasional
b.
Hasil
ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester dan
penilaian akhir tahun di atas KKM yang sudah ditetapkan di madrasah;
c.
Menjadi
juara KSM mata pelajaran Matematika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi tingkat
Kabupaten, Provinsi, dan Nasional;
d.
Menjadi
pelopor dan juara kegiatan ekstrakurikuler tingkat Kabupaten, Provinsi, dan
Nasional;
e.
Menjadi
pelopor dan juara kegiatan keagamaan, olahraga, kesenian (AKSIOMA) dan
pendidikan tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional;
f.
Memiliki
literasi keuangan yang baik;
g.
Lulus
Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
Misi
Madrasah
Misi MAS Al Aqidah
Kutapandan adalah sebagai berikut.
1.
Meningkatkan
kegiatan penghayatan dan pengamalan syariat Islam.
Refresentasi dari:
•
Visi:
Berakhlak
•
Elemen
Profil Pelajar Pancasila: Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
Berakhlak Mulia
•
Nilai
Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin:
Berkeadaban (Ta’addub), Keteladanan (Qudwah)
2.
Mengintegrasikan
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
(PBKB) dan Pendidikan Kewirausahaan dalam seluruh kegiatan madrasah.
Refresentasi dari:
•
Visi:
Berakhlak
•
Elemen
Profil Pelajar Pancasila: Berkebinekaan Global, Gotong Royong, Kreatif, Mandiri
•
Nilai
Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin:
Kewarganegaraan dan Kebangsaan (Muwatanah),
Mengambil Jalan Tengah (Tawassut),
Berimbang (Tawazun)
3.
Mengembangkan
kegiatan belajar mengajar secara efektif dan inovatif.
Refresentasi dari:
•
Visi:
Berprestasi
•
Elemen
Profil Pelajar Pancasila: Kreatif, Bernalas Kritis
•
Nilai
Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin:
Dinamis dan Inovatif (Tathawwur wa
ibtikar)
4.
Mengembangkan
minat dan bakat peserta didik
melalui program keterampilan dan ekstrakurikuler.
Refresentasi dari:
•
Visi:
Berprestasi
•
Elemen
Profil Pelajar Pancasila: Kreatif, Mandiri, Bergotong Royong
•
Nilai
Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin:
Kesetaraan (Musawah), Toleransi (Tasamuh)
5.
Meningkatkan
prestasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan dilandasi integritas,
profesionalitas, inovatif, tanggungjawab dan keteladanan.
Refresentasi dari:
•
Visi:
Berprestasi
•
Elemen
Profil Pelajar Pancasila: Kreatif, Mandiri, Bergotong Royong
•
Nilai
Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin:
Keteladanan (Qudwah), Kesetaraan (Musawah)
6.
Mengembangkan
manajemen dengan melibatkan partisipasi seluruh warga.
Refresentasi dari:
•
Visi:
Berprestasi
•
Elemen
Profil Pelajar Pancasila: Bergotong Royong
•
Nilai
Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin:
Musyawarah (Syura), Toleransi (Tasamuh).
0 Komentar